CAPAIAN PEMBELAJARAN KEKHASAN MADRASAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

Kota Gorontalo – CAPAIAN PEMBELAJARAN KEKHASAN MADRASAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

Kekhasan Madrasah tercermin dalam jumlah dan konten materi PAI dan Bahasa Arab yang sarat dengan Agama, yang mewarnai dalam cara berfikir, bersikap dan bertindak ketika mengelola proses pembelajaran dan penciptaan iklim akademik dalam ekosistem pendidikan madrasah yang agamis.

Nilai Kekhasan Madrasah dalam Perumusan Kurikulum

  • Karakter dan keterampilan abad-21 masuk eksplisit dalam CP, bukan merupakan hiden kurikulum
  • Orientasi nilai spiritualitas/sufistik dalam pendidikan sehingga tidak skuler dan liberal.
  • Dimensi ukhrawi mewarnai dalam SKL, SI, dan CP yang akan diterjemahkan implementasinya oleh Satuan madrasah dalam strategi pembelajaran dan penilaian, dengan panduan dari pusat.
  • Assesmen diagnostik, untuk pemetaan yang akurat, perlakuan tepat dan dukungan kuat.
  • Pembelajaran berdifferensiasi,
  • Layanan pendidikan inklusif diakomodir
  • Kemerdekaan belajar dalam mencapai CP dan kebutuhan murid
  • Moderasi beragama dan kontek berbangsa dan bernegara menjadi konteks.

UNSUR CP :

  1. Rasionalisasi; mengapa mapel ini pernting
  2. Tujuan Mapel ; kemana murid diarahkan
  3. Karakteristik; hal pembeda dg mapel lain
  4. Komponen; cakupan besar dalam mapel ini
  5. Capaian pembelajaran; detail yang harus dicapai murid dalam fase tertentu.

CAPAIAN PEMBELAJARAN KEKHASAN MADRASAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

You May Also Like

About the Author: Gunawan Wangata