Kemenag Finalisasi Juknis dan Aplikasi AKGTK

Kemenag Finalisasi Juknis dan Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kota Gorontalo – Kemenag Finalisasi Juknis dan Aplikasi AKGTK

Kementerian Agama (Kemenag) memfinaliasi petunjuk teknis (juknis) dan aplikasi asesmen kompetensi guru dan tenaga kependidikan (tendik) pada madrasah. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muchamad Sidik Sisdiyanto menyampaikan, juknis dan aplikasi asesmen menjadi instrumen untuk mengukur kualitas guru dan tendik madrasah.

Hal ini diungkapkan Sidik saat memimpin Finalisasi Aplikasi dan Juknis AKGTK & Koordinasi Admin KKGTK) di Jakarta. Kegiatan yang digelar selama tiga hari mulai 31 Januari – 2 Februari 2024 ini dihadiri oleh perwakilan Guru, Kepala Madrasah, Pengawas, Perguruan Tinggi Kegamaan maupun Umum, dan Praktisi pendidikan serta tim pengembang aplikasi.

Penyiapan juknis dan aplikasi asesmen ini, merupakan bagian darir program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) yang dilakukan Ditjen Pendidikan Islam melalui Program Realizing Education’s Promise Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). “Untuk memastikan bahwa kita telah mencapai kualitas mutu pendidikan yang berstandar tinggi, perlu dilaksanakan Asesmen Kompetensi Guru dan Tendik (AKG-TK). Oleh karena itu, juknis dan aplikasi asesmen ini menjadi instrumen penting,” ungkap Sidik di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Sidik menyampaikan ada beberapa hal penting yang dilakukan dalamproses finalisasi ini. Pertama, memastikan keterbacaan instrumen AKG-TK. “Hal ini penting dibahas untuk memastikan bahwa instrumen AKG-TK dapat dipahami dengan baik oleh responden, baik dari segi struktur bahasa maupun maksud pernyataan yang diajukan. Kegiatan ini dilakukan oleh tim ahli yang terdiri dari pakar bahasa, pakar pendidikan, dan pakar evaluasi,” ujar Sidik.

Kedua, finalisasi uji coba aplikasi AKG-TK adalah untuk memastikan dapat digunakan dengan baik oleh responden, baik dari segi teknis maupun substansi. Kegiatan ini dilakukan oleh tim ahli yang terdiri dari pakar teknologi informasi, pakar pendidikan, dan pakar evaluasi.

Ketiga, finalisasi Petunjuk Teknis pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madarasah tahun 2024. “Pastikanjuknis pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan selesai dan siap disahkan dan disosialisasikan,” tegas Sidik

Terakhir, Sidik meminta dilakukan koordinasi Admin KKGTK Pusat terkait aplikasi pelaporan KKGTK dan persiapan kegaitan tahun 2024. Koordinasi yang dilakukan meliputi cara menformulasikan bantuan tersebut bisa cepat diterima, tepat sasaran dan tepat guna.

“Saya berharap dengan adanya pertemuan ini diharapkan sudah benar-benar siap dan bisa segera diujicobakan, semakin sering dilakukan ujicoba semakin kecil juga hal-hal kesalahan yang tidak diinginkan,” tandas Sidik.

Sumber: https://www.kemenag.go.id/nasional/kemenag-finalisasi-juknis-dan-aplikasi-asesmen-kompetensi-guru-dan-tenaga-kependidikan-7SsPL

Kemenag Finalisasi Juknis dan Aplikasi AKGTK

You May Also Like

About the Author: Gunawan Wangata