Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023
Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023

Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023

Diposting pada

Kota Gorontalo – Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023 – Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam kebijakan dan program Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menjadi bagian dari melaksanakan tugas pengembangan talenta dalam rangka menyiapkan bibit-bibit talenta yang bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kemudian bertugas melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi, dimana salah satunya adalah memprogramkan kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (GEMASTIK).

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan GEMASTIK di masa pandemi, pada tahun ini BPTI kembali akan melaksanakan ajang talenta GEMASTIK dalam berbagai cabang, secara luring bertahap dan secara hibrid. Pelaksanaan melalui mekanisme luring secara bertahap diharapkan dapat menjadi berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berinteraksi dan berekspresi, sekaligus menjalin persahabatan antar talenta emas bangsa.

Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan panitia dalam melaksanakan tugas dan koordinasi serta pengambilan kebijakan lebih lanjut, baik yang bersifat teknis maupun administratif. Dengan demikian, diharapkan semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan GEMASTIK dapat memahaminya sehingga ajang ini dapat terselenggara dengan lancar dan baik.

Kepada semua pihak yang berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih.

Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023

A. Cabang-cabang Lomba

Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XVI dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masing-masing cabang/divisi lomba. Babak Penyisihan dilaksanakan secara daring, dan Babak Final dilaksanakan secara luring dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masing-masing cabang/divisi lomba.

GEMASTIK XVI menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XVI, yaitu:

  1. Divisi I Pemrograman (Programming)
  2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)
  3. Divisi III Penambangan Data (Data Mining)
  4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Divisi V Animasi (Animation)
  6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)
  7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
  8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
  9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
  10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
  11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

B. Persyaratan Umum

  1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id).
  2. Peserta adalah mahasiswa aktif jenjang program sarjana dan diploma yang terdaftar pada perguruan tinggi dan pada laman PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta hingga pelaksanaan babak final.
  3. Setiap 1 (satu) tim peserta terdiri dari maksimum 3 orang mahasiswa.
  4. Setiap Perguruan Tinggi dibatasi mengirimkan paling banyak 10 tim untuk setiap divisi lomba pada babak penyisihan berdasarkan seleksi internal perguruan tinggi dan saling banyak 3 tim sebagai finalis berdasarkan penilaian dewan juri pada babak penyisihan.
  5. Peserta bukan merupakan salah satu personel tim yang telah memperoleh medali emas pada kategori lomba yang sama di GEMASTIK tahun-tahun sebelumnya.
  6. Penulisan nama mahasiswa peserta wajib menggunakan nama lengkap tanpa disingkat.
  7. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesuai Buku Panduan dan atau Pengumuman Resmi yang diterbitkan oleh panitia penyelenggara.
  8. Untuk lomba berbasis karya kreasi atau inovasi, konten karya yang diikutsertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku – agama – ras – antar golongan), radikalisme, asusila, dan plagiarisme.
  9. Konten karya yang pernah memenangkan kejuaraan pada kompetisi tingkat nasional dapat diikutsertakan dalam GEMASTIK apabila terdapat pengembangan minimal 50%.
  10. Untuk divisi III s.d. X, finalis wajib mengunggah laporan akhir dan makalah 4-5 halaman menggunakan template IEEE yang dapat diunduh di tautan http://tinyurl.com/templatemakalah-gemastik dan dilengkapi hasil uji periksa similaritas (Turnitin, iThenticate, lainnya), maksimal dengan indeks similaritas 25%.
  11. Untuk babak final divisi IV s.d. XI karya finalis telah didaftarkan Hak Cipta (HKI).
  12. Seluruh tim finalis diwajibkan mengunggah video profil 60 detik (profil tim untuk divisi I-III, profil karya untuk divisi IV-XI) yang akan ditayangkan pada saat pengumuman apabila tim mendapatkan medali emas.
  13. Babak final dilaksanakan secara luring di Universitas X, dimungkinkan terbuka dengan menyesuaikan sifat lomba pada masing-masing divisi.

C. Pendaftaran

  1. Pendaftaran Kepesertaan Perguruan Tinggi
    • Perguruan Tinggi yang mengikutsertakan mahasiswa GEMASTIK XVI terlebih dahulu mendaftarkan kepesertaan Perguruan Tinggi secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan akun Perguruan Tinggi;
    • Surat Pengantar Perguruan Tinggi ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dan diunggah ke aplikasi pendaftaran tersebut diatas;
  2. Pendaftaran Kepesertaan Tim
    • Pendaftaran Tim Peserta dilaksanakan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/ setelah pendaftaran kepesertaan Perguruan Tinggi diselesaikan;
    • Pendaftaran Tim Peserta diwajibkan untuk setiap tim peserta seluruh cabang/divisi lomba;
    • Peserta wajib mengunggah Kartu Tanda Mahasiswa dan Pengantar Perguruan Tinggi yang ditandatangani Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan pada aplikasi lomba Gemastik;
    • Untuk setiap karya yang diikutsertakan, mengacu pada Persyaratan Umum pada nomor 8 dan 9;
  3. Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final
    • Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final dilakukan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/ setelah Pengumuman Hasil Babak Penyisihan;
    • Pendaftaran dilakukan oleh masing-masing Tim Finalis (Mahasiswa) pada semua divisi GEMASTIK XVI dengan mengunggah Surat Pengantar Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan untuk kepesertaan pada Babak Final;
    • Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan melaksanakan pendaftaran kehadiran Pembina dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Babak Final;
    • Persyaratan karya pada babak final untuk divisi IV s.d. XI mengacu pada Persyaratan Umum nomor 10 dan 11;

Download Pedoman Pelaksanaan Gemastik Tahun 2023

>>>>> KLIK DISINI <<<<<