Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam

Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam

Kota Gorontalo – Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam

Pada Kunjungan kerja ke kota Batam, pada Rabu (7/2) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS melakukan Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan. Peresmian ini menjadikan Kota Batam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan khususnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam. Tempat ini sangat strategis yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam

Maka dari itu, peranan Balai Kekarantinaan Kesehatan Kesehatan Batam sangat dibutuhkan untuk mendukung pencegahan keluar dan masuknya penyakit menular/wabah dari luar dan atau masuk ke dalam negara kita. Bapak Presiden Republik Indonesia telah mengamanahkan tiga hal kepada Bapak Menteri Kesehatan, yaitu percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity, penanganan pandemi, dan transformasi sektor kesehatan,” ujar Dirjen Maxi dalam sambutannya

Dalam menuju birokrasi berkelas dunia, Kementerian Kesehatan terus melakukan upaya perbaikan berkelanjutan dengan 6 (enam) pilar transformasi kesehatan sehingga diharapkan seluruh capaian program berdampak langsung kepada keberlangsungan hidup masyarakat dan menuju Kementerian Kesehatan Hebat, Indonesia Sehat.

Gambar 1 Pesermian Gedung Kesehatan

Enam Pilar tersebut meliputi transformasi-transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi teknologi Kesehatan.Kesiapsiagaan dalam menghadapi wabah/ public health emergency, penguatan surveilans di pintu masuk dan wilayah, serta penguatan respon terhadap wabah/ public health emergency merupakan bagian dan perwujudan dari pilar ke tiga Ketahanan Kesehatan. Pembangunan dan perubahan nomenklatur dari Kantor Kesehatan Pelabuhan menjadi Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan merupakan bentuk dari upaya employer branding Kementerian Kesehatan dalam rangka mewujudkan semangat dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Sumber: https://p2p.kemkes.go.id/

Peresmian Gedung Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam

You May Also Like

About the Author: Gunawan Wangata