PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

Kota Gorontalo – PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

Setelah perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru dapat memulai pelaksanaan kinerja. Berikut panduan pengisian pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar.

1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar

PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

2. Bagi Anda yang mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silakan akses pengelolaan kinerja melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Klik ‘Tetap di sini’ jika Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi.

Gambar 1 PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

3. Klik ‘Cek langkah observasi’ untuk memulai pelaksanaan kinerja

Gambar 2 PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

4. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak bisa ke langkah selanjutnya apabila belum melakukan penyelesaian dikegiatan sebelumnya.

Kumpulkan Dokumen Persiapan:

1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.

Gambar 3 CaraPengisian PMM

2. Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini.
  • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja
Gambar 4 Cara Pengisian PMM
  • Anda dapat memilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Anda dapat menuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya. 
  • Anda dapat mengatur ‘Jadwal Observasi‘ dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan. 
  • Anda dapat mengunggah dokumen RPP/Modul ajar yang akan digunakan ketika observasi kelas. Informasi lebih lanjut tentang Panduan ketentuan RPP/Modul Ajar di Pelaksanaan Kinerja dapat kunjungi artikel di sini 
Gambar 5 Cara Pengisian PMM

3. Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modu atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

Gambar 6 Cara Pengisian PMM

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.

Gambar 7 Cara Pengisian PMM

5. Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

6. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.

Gambar 7 Pengisian PMM

PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

Kumpulkan Dokumen Tindak Lanjut:

1. Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Kumpulkan’ untuk mengumpulkan dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

Gambar 8 Cara Pengisian PMM

2. Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Guru. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut.

Gambar 9 Cara Pengisian PMM

3. Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti:

  • Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran
  • Anda akan diminta untuk memilih pilihan belajar di PMM untuk kegiatan tindak lanjut.
    • Pilih salah satu atau lebih tujuan tindak lanjut 
    • Pilih materi pembelajaran dari PMM 
    • Tuliskan rencana periode Anda untuk mempelajari materi di PMM. Anda bisa menuliskan secara bebas waktunya
    • Pilih dukungan yang dibutuhkan oleh Anda untuk melakukan tindak lanjut
  • Anda juga dapat mengisi rencana tidak lanjut dengan memilih pembelajaran lainnya untuk tindak lanjut apabila ada rencana pilihan belajar lainnya.

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.
Gambar 10 Cara Pengisian PMM

4. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 11Cara Pengisian PMM

5. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.

Gambar 12 Cara Pengisian PMM

6. Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 13 Cara Pengisian PMM

Kumpulkan Dokumen Refleksi Tindak Lanjut:

1.  Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Kumpulkan’ untuk mengumpulkan dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan.

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 15 Cara Pengisian PMM

2. Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.

  • Anda dapat Isi  inspirasi yang sudah didapatkan dari pembelajaran 
  • Anda dapat Isi perubahan yang akan Anda capai 
  • Anda dapat Isi 3 tantangan yang paling sulit dihadapi pada saat melakukan perubahan
  • Anda diminta untuk Isi Rencana tindak lanjut untuk perbaikan. 
  • Lakukan pengisian yang sama apabila Anda juga memasukkan pilihan belajar selain menggunakan platform Merdeka Mengajar dengan pertanyaan yang sama. 

Perlu diketahui!

  • Sebelum melakukan pengisian dokumen refleksi tindak lanjut, Anda dianjurkan untuk berdiskusi dengan Kepala Sekolah agar memudahkan dalam melakukan pengisian dokumen.
https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 17 Cara Pengisian PMM

3. Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen refleksi tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen refleksi tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.’

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 19 Cara Pengisian PMM

4. Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 20 Cara Pengisian PMM

5. Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja di platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan.

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 21 Cara Pengisian PMM

6. Berikut tampilan jika Anda sudah menyelesaikan Pelaksanaan Kinerja 

https://kotagorontalo.my.id/ Gambar 25 Cara Pengisian PMM

PMM: Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja Untuk Guru

You May Also Like

About the Author: Gunawan Wangata