Tim MAN IC OKI Raih Medali Emas Robotic Innovations Challenge di Singapura
Tim MAN IC OKI Raih Medali Emas Robotic Innovations Challenge di Singapura

Tim MAN IC OKI Raih Medali Emas Robotic Innovations Challenge di Singapura

Diposting pada

Kota Gorontalo – Tim MAN IC OKI Raih Medali Emas Robotic Innovations Challenge di Singapura

Singapura (Kemenag) — Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Ogan Komering Ilir (OKI) mengukir prestasi internasional. Tim ini merebut juara I atau medali emas Robotic Innovations Challenge (RIC) yang diselenggarakan Nation University of Singapore.

Kompetisi berlangsung di Singapura, Minggu (4/2/2024). Tim Robotik MAN IC OKI terdiri atas: Raja dan Kamal. Mereka berdua harus bersaing dengan peserta dari lima negara, yaitu: Indonesia, Singapura, Malaysia, Cina, dan Filipina, untuk menjadi juara.

Di depan dewan juri, kedua peserta didik MAN IC OKI ini menjelaskan teknologi robot rakitannya yang diberi nama GRICO the Farmer Helper. Raja dan Kamal mempresentasikannya dengan bahasa Inggris di hadapan para professor dari Nation University of Singapore.

Gambar 1 MAN IC OKI

GRICO merupakan robot ciptaan Raja dan Kamal di bawah bimbingan gurunya, Cipto Kurniawan. Menurut Cipto, GRICO merupakan prototype robot yang ramah lingkungan dengan tugas membantu petani mengembangkan pertanian dengan memanfaatkan teknolgi berbasis IoT.

“Kita ikut pada bidang Innovation Creative Design, ini Open Category. Pesaingnya juga ada professional,” jelas Cipto.

Kepala MAN Insan Cendekia OKI, Hj. Komariah Hawa bersyukur atas prestasi siswanya di kancah internasional. “Alhamdulillah, bendera Indonesia dan madrasah berkibar di Singapura. Luar biasa. Ini prestasi luar biasa,” ungkap Komariah.

Menurutnya, kompetisi robotic merupakan ajang mengintegrasikan kecerdasan manusia dan teknologi. Peserta didik MAN Insan Cendekia OKI merupakan insan yang disiapkan dengan cerdas dalam IMTAK dan IPTEKS.

“Ini usaha kita semua, Bapak Ibu guru. Semoga tercapai salah satu cita-cita Eyang Habibie,” tambah Komariah.

Tim Robotic Grico MAN IC OKI memang telah disiapkan sejak 2023 untuk mengikuti ajang RIC 2024. Melalui ektrakurikuler robotic, peserta didik mendapatkan kesempatan pelatihan secara intensif setiap minggunya. Prestasi yang ditorehkan kali ini menjadi salah satu bukti hadirnya inovasi di madrasah yang mandiri berprestasi.

Sumber: https://www.kemenag.go.id/internasional/tim-man-ic-oki-raih-medali-emas-robotic-innovations-challenge-di-singapura-E7OBG

Tim MAN IC OKI Raih Medali Emas Robotic Innovations Challenge di Singapura