Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA Tahun 2022

Diposting pada

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2022 memasuki pelaksanaan kali ke-7 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. Sasaran pelaksanaan FIKSI adalah siswa SMA/MA yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.

FIKSI tahun 2022 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

Dikarenakan tahun ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi COVID-19, maka pelaksanaan FIKSI 2022 akan dilaksanakan secara daring. Siswa diharapkan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.

Buku ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan FIKSI sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI tahun 2022. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun 2022 ini Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) memasuki pelaksanaannya
yang ke-7, yang terus menerus mengalami pengembangan dari festival-festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI 2022 ini memiliki tantangan khusus, dengan masih berlakunya pembatasan pergerakan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler. Pembatasan pergerakan dan interaksi ini juga berpengaruh pada seluruh lini usaha, sehingga mengganggu tren (permintaan) pasar, mulai dari skala lokal, nasional, hingga global. Tahun 2022 ini pun membawa momentum Presidensi G20 Indonesia, bertema “Recover Together, Recover Stronger” sebagai pesan pemulihan bersama dan semangat kolaborasi. G20 2022 mengusung tiga isu prioritas, yaitu (1) arsitektur kesehatan global, (2) transformasi digital, dan (3) transisi energi. Presidensi G20 Indonesia ini dapat menjadi momentum berharga yang dapat dimanfaatkan oleh penyelenggaraan FIKSI untuk dapat menunjukkan relevansi arah
pengembangan kegiatan pembelajaran siswa. G20 membuka peluang untuk ditampilkannya praktik terbaik dalam lingkup isu-isu prioritas tersebut, dengan konteks Indonesia, sebuah negara kepulauan di belahan bumi selatan yang kaya akan sumber daya alam dan budaya, padat penduduk, serta didominasi oleh generasi usia produktif.

Beradaptasi dengan kondisi dan momentum ini, FIKSI 2022 diharapkan dapat menghilirisasi dan memutakhirkan ide/gagasan para siswa, juga guru pendampingnya, dalam menginisiasi model dan rencana bisnis yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masa kini dan mendatang.

Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang berjiwa Post Millennial, dengan karakteristik berkemampuan memanfaatkan perubahan teknologi serta keinginan untuk menjadi unik. Dengan memperhatikan karakteristik tersebut, FIKSI selalu dikaitkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai kesepakatan global yang mengandung 5 pilar People, Planet, Prosperity, Peace & Partnership.