Hasil Seleksi National Schools Debating Championship (NSDC) Jenjang SMA/MA Tingkat Propinsi Dan Wilayah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Tahun 2022

Diposting pada

Dengan hormat kami sampaikan bahwa Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melaksanakan seleksi National Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA/MA tingkat provinsi dan Sekolah Luar Negeri Indonesia (SILN) tingkat wilayah secara daring (online) pada tanggal 20 Juni 2022.

Berdasarkan data peserta yang mendaftar dan mengikuti seleksi National Schools Debating Championship (NSDC) tingkat provinsi dan wilayah SILN secara daring, tercatat sebanyak kurang lebih 2500 (dua ribu lima ratus) dari 2763 (dua ribu tujuh ratus enam puluh tiga) peserta yang mendaftar, berasal dari 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia dan 5 (lima) wilayah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yakni Riyadh, Jeddah, Kuala Lumpur, Bangkok, Kinabalu.

Pada proses seleksi NSDC tingkat provinsi dan wilayah, masing – masing peserta mengirimkan 2 (dua) rekaman video dari 2 (dua) tahapan yang di ikuti yakni :

  1. Tahap pertama pemberian mosi dan peserta memberikan tanggapan
  2. Tahap kedua pemberian mosi dalam bentuk video ulasan dan peserta memberikan tanggapan

Hasil seleksi yang diterima dewan juri yakni video dari para peserta, telah dinilai secara keseluruhan dan mendapatkan hasil peserta terbaik di provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Para peserta terbaik yang telah terpilih pada peringkat 1, 2 dan 3, sebagaimana daftar nama terlampir maka ditentukan sebagai tim yang akan mewakili provinsi masing – masing dan wilayah SILN. Balai Pengembangan Talenta Indonesia memberikan hak dan kesempatan tim untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni National Schools Debating Championship (NSDC) tingkat Nasional tahun 2022. Kompetisi tersebut akan dilaksanakan secara daring (online) . Kompetisi ini akan menggunakan aplikasi zoom meeting dan kami harapkan para peserta yang terpilih dapat mempersiapkan perangkat pendukung terutama jaringan internet dengan kondisi stabil.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami mohon kiranya Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Republik Indonesia dan Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, berkenan untuk dapat menyampaikan informasi hasil dan memberikan izin serta dukungan kepada para peserta yang terpilih untuk mewakili tim di National Schools Debating Championship (NSDC) pada bulan Oktober 2022.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.