KOTA GORONTALO – PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta diharapkan mampu:
- Memahami konsep, prinsip dan karakteristik paradigma pembelajaran Kurikulum Merdeka
- Memahami CP, TP, dan ATP
- Memahami pembelajaran berdiferensiasi dan perencanaan pembelajaran
Latar Belakang
- Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
- Tujuan Pembelajaran disusun dari Capaian Pembelajaran dengan mempertimbangkan kekhasan dan karakteristik Satuan Pendidikan.
- Pendidik diharapkan dapat memahami pola pikir tentang pengembangan pembelajaran dengan memahami bawah setiap peserta didik memiliki kekhasan.
Konsep Capaian Pembelajaran
“Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.”
Komponen Capaian Pembelajaran
- Rasional Mata Pelajaran
- Alasan mempelajari mapel tersebut
- Keterkaitan antara Mapel dengan salah satu (atau lebih) Profil Pelajar Pancasila
- Tujuan Mata Pelajaran
- Kemampuan yang perlu dicapai peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran tersebut
- Karakteristik Mata Pelajaran
- Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran
- Elemen-elemen (strands) atau domain mata pelajaran serta deskripsinya
Karakteristik CP Mapel PAI – Bahasa Arab
- Keterampilan Abad 21
- Konteks Bermasyarakat Global, Berbangsa dan Bernegara
- Berdimensi Ukhrowi
Arti “Elemen” dalam CP
Setiap CP suatu mata pelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku sama untuk semua fase pada mata pelajaran tersebut.
Masing-masing elemen tersebut memiliki capaian per fasenya sendiri yang saling menunjang untuk mencapai pemahaman yang dituju.
Elemen sebuah mata pelajaran mungkin saja sama atau berbeda dengan mata pelajaran lainnya, hal tersebut disesuaikan dengan karakteristik pada masing-masing mata pelajaran.
Contoh:
- Dalam CP Matematika terdapat elemen Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, dan Analisis Data dan Peluang
- Dalam CP IPA terdapat elemen Pemahaman IPA dan Keterampilan Proses
- Dalam CP Bahasa Indonesia terdapat elemen Menyimak, Membaca dan Memirsa, Berbicara dan Mempresentasikan, Menulis
Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis menurut urutan dari awal hingga akhir fase.
Tujuan pembelajaran yang dikembangkan perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya pada penghujung Fase mereka dapat mencapai CP. Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, pendidik perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran.
Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. Harus dipastikan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran yang dipetakan memenuhi kriteria berikut ini:
Tujuan Pembelajaran (TP)
- Kompetensi
- kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
- Lingkup materi
- ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai secara utuh dalam satu fase.
- ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.
- ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi dalam satu fase
DOWNLOAD PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA
>>>>> KLIK DISINI <<<<<