Ashabul Kahfi Minta Kemenag Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045
Ashabul Kahfi Minta Kemenag Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045

Ashabul Kahfi Minta Kemenag Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045

Diposting pada

Kota Gorontalo – Ashabul Kahfi Minta Kemenag Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045

Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengapresiasi tema Rakernas Kemenag 2024, yaitu: Transformasi Kementerian Agama menuju Indonesia Emas 2024. Menurutnya, tema itu menunjukkan kesadaran akan peran krusial Kemenag untuk meningkatkan layanan keagamaan menuju Indonesia Emas 2045.

“Indonesia emas adalah visi jangka panjang. Visi ini penting bagi kemajuan bangsa. Indonesia emas bertujuan menciptakan masyarakat sejahtera, adil dan berkeadilan, serta negara yang berkontribusi positif di dunia internasional dalam berbagai bidang,” ujar Ashabul Kahfi saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakernas Kementerian Agama di Semarang, Senin (5/2/2024).

Ketua Komisi VIII menyebut sejumlah aspek penting menuju Indonesia Emas 2045 dan peran Kementerian Agama. Pada aspek ekonomi, misalnya, pembangunan bidang agama dapat mendorong kesadaran dan semangat kewirausahaan umat dan internalisasi nilai-nilai kemajuan. “Sehingga, pemahaman keagamaan berdampak pada perilaku sosial,” ujarnya.

Pada aspek pendidikan, lanjut Ashabul Kahfi, kiprah Kemenag tidak diragukan. Pendidikan keagamaan terbukti berperan penting dalam pemerataan pendidikan dengan partisipasi luas dari masyarakat.

“Negara berkomitmen siapkan akses pendidikan merata, meningkatkan kualitas, serta menghasilkan SDM yang kompeten dan kompetitif,” ucapnya.

Pada aspek penguatan infrastruktur dan pelayanan publik, Kemenag berperan dalam meningkatkan kesadaran umat tentang pentingnya pemeliharaan fasilitas publik. Sementara pada aspek keberagaman dan keharmonisan, peran Kemenag sangat penting dan krusial.

“Indonesia emas menekankan pentingnya menjaga keberagaman dan mempromosikan keharmonisan antaretnis, agama, dan budaya sebagai landaan pokok kemajuan bangsa. Tidak mungkin terwujud Indonesia Emas 2045 jika kita terus bertengkar,” tandasnya.

Rakernas Kemenag 2024 dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Rakernas berlangsung tiga hari, 5 – 7 Februari 2024. Dijadwalkan hadir memberi paparan di antaranya, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Amich Alhumami, dan Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan Otorita IKN Mia Amalia.

Sumber: https://www.kemenag.go.id/nasional/ashabul-kahfi-minta-kemenag-berperan-aktif-wujudkan-indonesia-emas-2045-Itaez

Ashabul Kahfi Minta Kemenag Berperan Aktif Wujudkan Indonesia Emas 2045