Solusi Salah Tingkat Kelas di EMIS 4.0
Solusi Salah Tingkat Kelas di EMIS 4.0

Solusi Salah Tingkat Kelas di EMIS 4.0

Diposting pada

Kota Gorontalo – Solusi Salah Tingkat Kelas di EMIS 4.0

Dalam pemutakhiran data EMIS Madrasah pada aplikasi EMIS 4.0 yang sedang berlangsung saat ini, masih sering ditemukan beragam kendala oleh operator di Madrasah. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah adanya salah tingkat kelas siswa yang tertera di aplikasi EMIS dengan beragam penyebab baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Untuk menyelesaikan permasalahan salah tingkat ini, madrasah harus melakukan pengajuan perbaikan tingkat kelas ke UC EMIS pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi setempat. Hal ini dikarenakan perbaikan salah tingkat kelas merupakan kewenangan dari UC EMIS Kanwil Kemenag Provinsi.

Madrasah dapat melakukan pengajuan perubahan tingkatan kelas siswa di aplikasi EMIS 4.0 melalui tahapan :

  1. Madrasah mengisi form Daftar pengajuan perubahan tingkat siswa, (Download Format perubahan tingkat kelas KLIK DISINI)
  2. Madrasah mengusulkan perubahan tingkat kelas ke UC EMIS Kanwil Kemenag provinsi setempat. (Download Format surat usulan, KLIK DISINI) dan melampirkan bukti data dukungsebagai berikut :
    a. Raport semester terakhir siswa bersangkutan yang menjelaskan tingkat kelas siswa saat ini.
    b. Bagi yang tidak memiliki raport semester terakhir dapat menggunakan surat keterangan yang di TTD kepala madrasah yang menjelaskan tingkat kelas siswa saat ini.
  3. UC Kanwil Kemenag Provinsi memverifikasi data usulan madrasah
  4. UC Kanwil merubah tingkat kelas melalui aplikasi EMIS apabila data dukung telah terverifikasi dengan baik.
  5. Catatan : Pengusulan juga dapat dilakukan secara mandiri melalui Live Agent Madrasah Digital Care. Jika sudah diusulkan melalui UC Kanwil Provinsi maka jangan lagi diusulkan melalui live agent agar tidak terjadi pendombelan dan penumpukan data usulan)

Solusi Salah Tingkat Kelas di EMIS 4.0